Followers

Cari Blog Ini

RSS

PENGERTIAN ADMINISTRASI, ADM PENDIDIKAN, DAN ADM PERSONEL

1. Administrasi
Ada banyak sekali pengertian Administrasi menurut para ahli, tapi kita dapat mengabil beberapa pendapat, diantaranya :
Kata “Administrasi” berasal dari kata latin yang terdiri dari ad yang mempunya arti sama dengan kata to dalam bahasa inggris, yang berarti “ke” atau “kepada”. Dan minister sama artinya dengan kata to serve atau to to conduct yang berate “melayani”. Jadi, kata “Administrasi” dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur kegiatan didalam mencapai suatu tujuan.

Sedangkan Saiful Sagala mendefenisikan : Administrasi adalah ” rangkaian kegiatan bersama sekelompok manusia secara sistematis untuk menjalankan roda usaha atau misi organisasi agar dapat terlaksana, suatu usaha dengan suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan. “
G.Zroring berpendapat Administrasi merupakan kegiatan atau sebagai gejala sosial, karena berlangsung dalam interaksi seluruh manusia.
a. Administrasi merupakan proses berupa kegiatan-kegiatan atau rangkaian kegiatan/ perubahan atau kejadian-kejadian yang kompleks.
b. rangkaian-rangkaian itu berupa usaha kerja sama sekelompok manusia atau sejumlah person (dua orang atau lebih)
c. kerjasama itu bermaksud untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan melalui pembagian tugas atau pekerjaan, tidaak sebagai pengkotaan pekerjaan, akan tetapi suatu kesatuan kerja, yang semuanya terarah pada pencapaian tujuan.

2. Admistrasi Pendidikan
Lembaga pendidikan sebagai salah satu bentuk organisasi, tidak terlepas dari kegiatan Administrasi, karena pada lembaga pendidikan terdapat sejumlah manusi yang harus bekerja sama dalam mencapai tujuannya.
Ngalim Purwanto mendefenisikan Administrasi pendidikan “ ialah segenap proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personil, spiritual, maupun material yang bersangkut paut dengan tujuan pendidikan “
G.Zroring mengemukan pengertian Administrasi pendidikan sebagai : “ Administrasi pendidikan ialah cara bekerja dengan orang-orang di dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif, yang mendatangkan hasil yang baik, tepat dan benar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan “
Saiful Sagala mendefenisikan Administrasi Pendidikan adalah : ” segenap proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu dan dalam suatu potensi dalam suatu aktifitas kelembagaan, baik personal, spritual, dan material, yang bersangkut dengan pencapaian tujuan pendidikan “
Secara sedehana dan mudah, H.M daryanto mengartikan:
“Admistrasi pendidikan adalahsuatu ilmu tentang penyelenggaraan pendidikan di sekolah,agar tercapai tujuan pendidikan disekolah itu. Singkatnya : administrasi pendidikan ialah peembinaan, pengawasan, dan pelaksanaan dari segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan-urusan sekolah”

3. Adminitrasi Personil
Administrasi personal atau adminisrasi kepegawaian adalah segenap proses penataan yang bersangkut-paut dengan masalah memperoleh dan menggunakan tenaga kerja untuk dan di sekolah dengan efisien, demi tercapainya tujuan sekolah adalah tujuan yang tertera sebagai tujuan institusional lembaga.
Zakia Daratjat mendefenisikan Administrasi personil adalah : “segala usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber-sumber personel secara efektif dan efisien untuk menunjang pendidikan yang telah ditetapkan (tujuan institusional)”.
Ari. H. Gunawan dalam bukukunya Administrasi Sekolah berpendapat bahwa Administrasi personil adalah :
“ seluruh proses kegiatan yang dirancang dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara kontinu para pegawai disekolah, sehingga mereka dapat membantu/menunjang kegiatan-kegiatan sekolah (khususnya PBM) secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.”

Secara singkat dapat kita artikan bahwa Administrasi Personil adalah segenap proses penataan personel di sekolah.

Referensi:

1. M. Ngalim Poerwanto, Adminitrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
2. Saiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2008.
3. G.Zroring dalam Yusria dan Alfian, Administrasi dan supervisi Pendidikan (bahan ajar akta IV), Jambi : PP.Fak.tarbiyah IAIN STS Jambi, 2006.
4. M. Ngalim Poerwanto, Op.Cit hlm. 3
5. H.M Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
6. Suharsimi Arikunto, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: RajaGrafindo persada, 1993.
7. Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam.
8. Ari. H. Gunawan, Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro), Jakarta, Rineka Cipta, 2001.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar